Friday, August 28, 2009 Seniman = Kemerdekaan

23 06 2015

Nak, kalo udah besar nanti mau jadi apa?, tanya seorang ibu ke anaknya yang masih berusia 7 tahun…

Nduk, kowe mengko lek wis gedhe arep dadi opo?, ucap ayah kepada gadis cilik berusia 8 tahun itu…

Mungkin hampir semua manusia pernah dihadapkan pada pertanyaan serupa di atas, yang intinya kalo udah besar mau jadi apa? alias cita-cita kita mau jadi apa….

Ada yang jawab:
Pengen jadi Dokter
Pengen jadi Insinyur
Pengen jadi Guru
Pengen jadi Pilot
Pengen jadi Polisi
Pengen jadi Presiden

wah tentu orang tua akan senang mendengar jawaban-jawaban di atas, tapi apa jadinya kalo jawaban si anak:
Pengen jadi Koruptor
Pengen jadi Teroris
Pengen jadi Penari Striptease
Pengen jadi Pelacur
Pengen jadi Perampok/Perompak

kalo aq mau jadi atlet boleh nggak ma?
aduh nak ngapain kamu jadi atlet, di Indonesia, masa depan atlet itu suram, toh paling karir kamu cuman sampai usia 30 tahun, setelah itu mau jadi apa?

kalo aq mau jadi artis boleh nggak pa? artis gundulmu kuwi, hura-hura, ntar malah kejerumus ke narkoba, lagian hidup mu pasti amburadul

kalo aq mau jadi seniman boleh tidak?, aduh aduh kok aneh-aneh, mau makan apa kamu, hidup luntang luntung nggak jelas, emangnya kamu mau makan dari hasil jualan lukisan, puisi, patung, dsb….? udahlah jadi insinyur atau dokter ajah…

Apa salahnya menjadi seniman, seniman yang menjunjung tinggi kemanusiaan, seniman yang peka terhadap lingkungan, seniman yang lebih sensitif terhadap persoalan rakyat jelata…
Apakah hidup harus dinilai dengan harta melimpah, apakah ukuran sebuah kesuksesan selalu dinilai dengan UANG….

aq tidak ingin mengabdikan diriku untuk UANG…
aq ingin menyuarakan, memperjuangkan keadilan, membela orang yang tertindas melalui caraku, yaitu melalui jalur seni…

Berjuangkan bisa melalui banyak cara tidak harus menjadi seniman?, ujar ibu itu

Lho walau kebanyakan seniman hidup sederhana, tapi setidaknya mereka adalah orang yang jujur, idealis dan tau apa yang diperjuangkan…dan yang penting tidak Korupsi….dan memupuk HARTA untuk kepentingan diri sendiri…

Toh Seniman memiliki HARTA yang tak ternilai yaitu KEBEBASAN.

Bebas berekspresi, bebas mengeluarkan pendapat dan pemikirannya melalui hasil-hasil karyanya.

Bangsa yang besar dan hebat adalah bangsa yang menghargai seni dan budaya bangsanya…hidup dan teruslah berkreasi seniman-seniman jujur….


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: